Wednesday, August 31, 2011

10 Hewan yang Terancam Punah di Dunia


1. Harimau (Tigers)
Saat ini hanya sekitar 3.200 ekor harimau berada di alam liar, menurut World Wildlife Fund. Hewan ini terancam punah akibat penggundulan hutan yang cepat, perusakan habitat alam mereka dan naiknya permukaan air laut, terutama di daerah India dan Bangladesh di mana sejumlah besar binatang tersebut hidup. Selain itu, harimau diburu secara illegal untuk diambil kulitnya serta bagian tubuh yang diambil untuk dijadikan obat dalam pengobatan tradisional Asia.

Harimau (sumber : hd-wallpapers.s-fun.com)

2. Beruang Kutub (Polar Bears)
Hewan ini terancam punah karena efek pemanasan global dan mencairnya es di kutub. Beruang kutub akan punah jika lingkaran Arktik terus mencair karena beruang menggunakan lempengan es yang beku untuk berburu dan mencari pasangan. Beruang kutub ditempatkan pada daftar spesies terancam punah pada tahun 2008.

Beruang Kutub (sumber : celsias.com)

3. Singa Laut (Pacific Walrus )
Singa Laut hidup di Laut Bering dan Chukchi dimana mereka biasa hidup, lahir hidup, sembunyi dari pemangsa dibalik bongkahan es. Oleh karena penurunan es yang dramatis maka singa laut termasuk dalam spesies yang terancam punah.

Singa Laut (sumber : nothinglikeaustralia.com)

4. Penguin Magellan (Magellanic Penguin )
Pinguin ini terancam punah karena arus laut hangat yang membuat burung-burung menjadikan ikan sebagai sumber utama makanan mereka. Hewan ini biasa ditemukan di kawasan Argentina, Cili, dan Kepulauan Falkland. Koloni terbesar spesies ini ada di Patagonia, Amerika Selatan dan jumlahnya turun lebih dari 20 persen dalam 20 tahun terakhir.

Pinguin Magelan (sumber : he.wikipedia.org)

5. Penyu Belimbing (Leatherback Turtle )
Sedikitnya 2.300 penyu betina dewasa tanpa sengaja tertangkap oleh nelayan dan juga karena kura-kura yang sangat sensitif terhadap suhu. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata kelas reptilia ini tetap harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Di sisi lain, kenaikan suhu air yang meningkat di sekitar pantai juga menyebabkan menurunnya penyu belimbing jantan.***

Penyu Belimbing (sumber : itsnature.org)
6.      Tuna sirip Biru (Blue Fin Tuna )

Tuna sirip biru adalah ikan besar yang hidup di laut Mediterania dan Atlantik timur dan barat. Tuna sirip biru adalah ikan tuna sushi populer kelas tinggi dan terancam karena penangkapan yang berlebihan.

Tuna Sirip Biru yang tertangkap (sumber : mrc.state.va.us)

7.      Gorila Gunung (Mountain Gorillas )
Tersisa sekitar 7.200 ekor gorila gunung saat ini ada di alam liar dan 200 dari hewan ini hidup di sebuah taman nasional di Republik Demokratik Kongo. Spesies ini terancam punah karena perang yang sedang berlangsung, perburuan ilegal dan hilangnya habitat.
satu keluarga gorila yang ditembak (sumber : thefirstpost.co.uk)

8. Kupu-kupu Monarch (Monarch Butterflies )
Kupu-kupu Monarch adalah jenis serangga halus yang bermigrasi dari Amerika Utara ke Meksiko pada setiap tahunnya. Pembalakan liar mengancam habitat kupu-kupu itu di Mexico barat, tempat sayap kupu-kupu yang berwarna hitam dan oranye menjadi pemandangan umum selama musim dingin. Kupu-kupu ini telah terdaftar sebagai  fenomena  biologis yang terancam punah. Kupu-kupu ini mengandalkan hutan untuk perlindungan dari cuaca ekstrim dan ancaman lainnya.
Kupu-kupu Monanarch (sumber : layoutsparks.com)

9. Badak Jawa (The Javan Rhinoceros )
Badak Jawa adalah salah satu mamalia besar yang paling terancam punah di dunia dengan hanya 60 hewan yang tersisa. Hewan ini terancam karena selalu diburu unutk diambil bagian tubuh yang sering digunakan dalam obat-obatan tradisional selain itu juga karena perusakan habitat dari habitat hutan hewan ini untuk lahan pertanian.
Badak Jawa (sumber : nationalgeographic.co.id)

10. Panda Raksasa (Giant Panda )
Hanya ada 1.600 panda raksasa di alam liar saat ini. Seperti banyak hewan lainnya yang terancam punah panda raksasa juga terancam punah karena perusakan habitat asli hewan ini. Daerah pegunungan barat daya China telah menjadi terputus dan terfragmentasi karena kehancuran sehingga hewan yang tersisa tinggal di daerah-daerah kecil yang terisolasi dan menghambat reproduksi mereka. (**)
Panda Raksasa (sumber : allposters.com)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More