Wednesday, August 31, 2011

5 Kupu-kupu yang Unik dan Langka


1.Kupu-kupu Transparan
Glasswing Butterfly (Greta Oto) adalah kupu-kupu kaki sikat yang sayap transparan. Jaringan antara urat sayapnya terlihat seperti kaca. Kupu-kupu ini bisa ditemukan di seluruh Amerika Tengah hingga Meksiko.

Kupu-kupu Transparan (Sumber: pixdaus.com,uniknya.com)

2.Kupu-kupu Daun Mati
Kupu-kupu daun terlihat luar biasa saat sayap mereka mengembang berbaring, kupu-kupu ini datang dalam segala macam warna dan bentuk yang menyerupai daun. Tapi ketika sayapnya melipat mereka terlihat seperti daun, kadang-kadang hijau, kadang coklat, seakan jatuh dan mati. Kupu-kupu ini hidup di hutan di Asia Selatan, Madagaskar dan India.

(Sumber: farnar.info,uniknya.com)
3. Kupu-kupu 88
Kupu-kupu delapan puluh delapan (Diaethria Neglecta) ditemukan di Pantanal Brasil yang menampilkan desain garis dan titik di sayapnya berbentuk angka 88 dan jelas tidak seperti kupu-kupu lainnya.

(sumber: blogspot.com,uniknya.com)

4. Kupu-kupu Burung Hantu Raksasa
Kupu-kupu Burung Hantu Raksasa sering kali ditemukan di bawah pohon. Dinamakan Burung Hantu, karena disayapnya terdapat corak berbentuk bulat dan menyerupai mata burung hantu. Sementara penambahan raksasa karena ukuran sayapnya yang bisa mencapai lebar lebih dari 8 inci. Kerena sayapnya yang lebar, kupu-kupu ini hanya mampu terbang dalam jarak pendek. Namun keuntungannya burung pemangsa sering kali kesulitan mengikuti dan memakannya. Ada sekitar 20 spesies yang bisa ditemukan di Hutan Hujan Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

(butterflyutopia.com,uniknya.com)

5. Kupu-kupu Ratu Alexandra Birdwing
Kupu-kupu ini merupakan yang terbesa di dunia dengan lebar sayap bisa mencapai 30 cm. Kupu-kupu termasuk jenis dan hidup di hutan tropis, bisa ditemukan di bagian utara Papua Nugini. Saat masih berbentuk ulat biasanya memakan tanaman pipevine yang beracun. Sehingga setelah menjadi kupu-kupu juga beracun dan bisa membunuh predator yang memakannya.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More